Senin, 16 Agustus 2010

Manfaat Kulit Buah Semangka (citrullus vulgaris)




SEMANGKA

Selain rasanya yang manis dan segar, semangka juga memiliki banyak khasiat diantaranya adalah sebagai alternatif pengobatan panas dalam serta dapat berkhasiat sebagai antioksidan yang bersumber dari  Lycopene. Lycopene adalah  pigmen merah berupa karotenod yang sering berada dalam buah atau sayuran berwarna merah Masyarakat pun telah banyak yang memanfaatkan buah semangka sebagai alternatif pengobatan. 

KULIT SEMANGKA





Lalu bagaimana dengan kandungan dari kulit semangka?. beberapa ilmuan dari Amerika Serikat (USA) yaitu Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie pada tahun 2005 telah menelaah kandungan kulit semangka. Dari hasil penelitiannya membuktikan bahwa kulit semangka kaya akan sitrulin.sitrulin adalah asam α-amino. Namanya berasal dari Citrullus, bahasa Latin untuk semangka, dari yang pertama kali diisolasi pada tahun 1930. sehingga jelas bahwa sitrulin juga ada dalam buah semangka.akan tetapi hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan sitrulit pada kulit semangka lebih banyak dari pada dalam buahnya. Berikut adalah hasil penelitian Agnes M. Rimandoa dan Penelope M. Perkins-Veazie :

" kandungan sitrulin berkisar 3,9-28,5 mg / g berat kering (dwt) dan adalah serupa di antara jenis berbiji dan jenis tanpa biji (16,6 dan 20,3 mg / dwt g, masing-masing).
daging semangka Merah citrulline sedikit lebih rendah dari daging semangka kuning atau oranye (7,4, 28,5 dan 14,2 mg / dwt g, masing-masing).
Kulit buah mengandung citrulline lebih dari daging atas dasar berat kering (24,7 dan 16,7 mg / dwt g, masing-masing), tetapi sedikit kurang pada berat segar (fwt)
dasar (1,3 dan 1,9 mg / fwt g, masing-masing). "

 MANFAAT SITRULIN

Sitrulin memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia :
1. citrulline membantu mengeluarkan amonia dari hati. sehingga dapat bersifat detoksifikasi
2. citrulline merupakan prekusor arginin yang dapat mensekresi asam nitrit (NO) untuk vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah. sehingga sitrullin dapat berperan untuk mengatasi hipertensi.
3. Menurut Medical News Today, efek vasodilatasi dari citrulline dapat mendukung fungsi seksual yang sehat (mirip viagra)




Sumber :

2 komentar:

  1. Info yang sangat menarik .......
    mohon ijin copas.....
    biar lebih banyak yg tahu manfaat kulit semangka.....
    tapi bagaimana caranya ..ya
    apa dibuat jus apa dikeringkan trus diseduh seperti teh tubruk ?

    Salam

    BalasHapus
  2. Ehh ternyata sdh ada cara mengolah kulit semangka.....he..he...he

    Trims Gan

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung..untuk kritik dan saran, teman-teman bisa isi disini..:)